TUMBUH KEMBANG OPTIMAL, DIMULAI SEJAK DINI

Ditulis oleh: Dr. dr. Ahmad Suryawan, SpA (K), dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang dan pediatri sosial

Tumbuh kembang anak merupakan proses yang dimulai sejak masa konsepsi di dalam kandungan hingga masa remaja ketika anak berusia 18 tahun. Pertumbuhan ditandai dengan bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh, sedangkan perkembangan ditandai dengan bertambahnya kemampuan dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan motorik halus, motorik kasar, bicara, bahasa, serta sosialisasi dan kemandirian.

Salah satu kegiatan terpenting untuk membentuk tumbuh kembang anak secara optimal adalah deteksi dan stimulasi dini melalui kegiatan pemantauan tumbuh kembang anak yang rutin, berkelanjutan dan berkesinambungan, sejak usia sedini mungkin. Kegiatan stimulasi dini yang didasarkan atas hasil deteksi dini akan dapat secara tepat memberikan rangsangan kepada otak anak untuk mengoptimalkan berbagai kemampuan perkembangan yang sesuai usia anak, kegiatan stimulasi dini diharapkan akan menjadi aktivitas alamiah dalam interaksi ibu dan anak dalam pengasuhan sehari-hari.


TIM AHLI NUTRICLUB

Nutriclub Indonesia selalu siap melayani Ibu 24 Jam, 7 hari seminggu untuk mendukung Ibu menjalankan peran penting dalam membesarkan dan mengoptimalkan potensinya agar ia selangkah lebih maju. Hubungi dan berkonsultasi langsung dengan tim kami sekarang.

Tanya Dokter

Konsultasikan pertanyaan Ibu seputar tumbuh kembang si Kecil dengan tim dokter spesialis kami.

Tanya Sekarang

Nutriclub Careline

Tim careline kami merupakan nutrisionis yang siap menjawab pertanyaan Ibu mengenai tumbuh kembang dan nutrisi si Kecil agar ia tumbuh dan berkembang optimal.

Call Careline 0804-118-18-18

Untuk bantuan hubungi via

Please wait...